LAYANAN
INFORMASI
ABSTRAK
Layanan
telematika terbagi dalam beberapa bidang, namun yang paling
mempengaruhi masyarakat adalah layanan telematika dibidang informasi.
Sebab Informasi sangatlah penting dan sangat vital, karna bila saja
ada kesalahan atau informasi buruk dapat mempengaruhi pola piker
masayarakat. Oleh sebab itu perlu adanya penyaringan informasi dalam
telematika.
Kata
Kunci :
Layanan,
Telematika, Layanan Telematika, Informasi
1. Pendahuluan
Berdasarkan
Instruksi Pesiden Republik Indonesia (Inpres) nomor 6 tahun 2001.
Pesatnya kemajuan teknologi telekomunikasi, media, dan informatika
atau disingkat sebagai teknologi telematika serta meluasnya
perkembangan infrastruktur informasi global telah merubah pola dan
cara kegiatan bisnis dilaksanakan di industri, perdagangan, dan
pemerintah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat informasi
telah menjadi paradigma global yang dominan. Kemampuan untuk terlibat
secara efektif dalam revolusi jaringan informasi akan menentukan masa
depan kesejahteraan bangsa.
2. Layanan
Telematika di Bidang Informasi
Penggunaan
telematika dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk
meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan
kemiksinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup
masyarakat. Selain itu, teknologi telematika juga harus diarahkan
untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta meningkatkan
keharmonisan di kalangan masyarakat. Wartel dan Warnet memainkan
peranan penting dalam masyarakat.
Warung
Telekomunikasi dan Warung Internet ini secara berkelanjutan
memperluas jangkauan pelayanan telepon dan internet, baik di daerah
kota maupun di desa, bagi pelanggan yang tidak memiliki akses sendiri
di tempat tinggal atau di tempat kerjanya. Oleh karena itu
langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan
dan kandungan informasi pelayanan publik, memperluas pelayanan
kesehatan dan pendidikan, mengembangkan sentra - sentra pelayanan
masyarakat perkotaan dan pedesaan, serta menyediakan layanan
“e-commerce” bagi usaha kecil dan menengah, sangat diperlukan.
Dengan demikian akan terbentuk balai - balai informasi. Untuk
melayani lokasi - lokasi yang tidak terjangkau oleh masyarakat.
Pada layanan ini telematika menggabungkan system komunikasi dengan kendaraan bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi secara langsung.
Contohnya :
Pada layanan ini telematika menggabungkan system komunikasi dengan kendaraan bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi secara langsung.
Contohnya :
· Navigation
assistant (real-time traffic information)
· Weather,
stock information
· Entertainment
and M-Commerce
3. Kesimpulan
Layanan
telematika dibidang informasi lebih ditujukan kepada perkembangan dam
kesejahteraan masyarakat. Sebab bila informasi berdampak negative
bias mempengaruhi lingkungan masyarakat, oleh sebab itu perlu adanya
penyaringan informasi di ruang lingkup masyarakat.
4. Daftar
Pustaka
No comments:
Post a Comment